Umum

Jangan Salah, gini Biar Kamu Lulus SNMPTN

Hallo anak SMA yang sebentar lagi akan lulus…

Kalian sekarang pasti lagi deg deg an dan bertanya tanya apakah kalian dapat tiket ke SNMPTN Undangan ?

Jadi untuk lulus jadi maru di PTN ada 3 jalur, SNMPTN, UTBK dan UM. SNMPTN ini yang sekarang lagi buka pendaftarannya. Jalur SNMPTN ini cuma didasarkan pada portofolio raport dan tentu portofolio sekolah kamu.

Kalau kamu saat ini siswa di SMA Negeri Favorit, kamu beruntung karena nilai portofolio sekolah kamu biasanya sudah bagus. Tinggal kamu lihat portofolio prestasi kamu sendiri. Nah jangan salah, dalam melakukan pendaftaran ke snmptn ini ada strateginya tersendiri biar kamu bisa lulus. Eits.. tapi kamu harus hati2 dengan jurusan yang kamu pilih, pastikan sesuai dengan pasion, karena kalau engga terus kamu lulus SNMPTN, kamu ga boleh batal, kamu akan diblacklist dan ga bisa daftar ke PTN lewat jalur apapun lagi setelah lulus SNMPTN, intinya jurusan tersebut harus diambil.

Nah terus, gimana caranya daftar SNMPTN ini?

Untuk pendafataran SNMPTN, seluruhnya dilakukan oleh sekolah, mulai dari pendaftaran akun sampai pengisian nilai di sistem PDSS ( pangkalan data ) nya. Setelah sekolah selesai mengisi data, kamu akan mendapatkan akun dan password untuk login dan memverifikasi bahwa data yang sudah dimasukan sekolah sudah benar. Setelah beberapa hari, biasa nya jika kamu eligible untuk mendaftar, maka kamu bisa memilih jurusan, namun kalau kamu tidak eligible, kamu tidak bisa masuk ke tahap

berikutnya.

Apa syaratnya kamu bisa eligible ?

Setiap sekolah berbeda beda kuota peserta eligible nya. Untuk yang akreditasinya A, kuotanya 40%, jadi kalau ada 100 orang anak ipa di sekolah tersebut maka peringkat 1 sd 40 bisa mendaftar dan memilih jurusan.

Nah .. gimana selanjutnya setelah dinyatakan eligible?

  • Kalau kamu sudah punya impian ingin masuk ke prodi tertentu di PTN tertentu, kamu perlu konsultasi dulu dg guru BK, hal hal berikut :
  • ada berapa jumlah peminat di jurusan tsb di sekolah mu, kamu lihat posisi kamu ada di urutan ke berapa berdasarkan rangking raport. Jika ternyata kamu berada di urutan bawah, sebaiknya pindah jurusan
  • Kamu tanyakan juga profil lulusan sekolah mu di jurusan tersebut, berapa banyak alumni yang diterima selama 3 tahun terakhir ini. Kalau misal blm pernah yang diterima, maka kemungkinan agak berat kamu memilih jurusan tersebut.
  • Secara tersurat, SNMPTN membolehkan kamu memilih 2 jurusan pada universitas yang berbeda, namun perlu kamu ingat, Universitas ternama sering kali enggan di nomor dua kan… CMIWW
  • Selanjutnya jangan lupa minta ridho orang tua, ingat doa orang tua yang ridho akan membuat segalanya jd mudah

Okey sekian dulu ya, semangat… semoga sukses semuanya

Leave a comment